Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata

Tujuan Sekolah Adiwiyata adalah membangun jiwa cinta lingkungan bagi seluruh siswa, dengan harapan lulusan SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA menjadi generasi yang berbudaya lingkungan dan menjadi sebuah kebiasaan bagi semua civitas sekolah.

Tim Adiwiyata SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA terus berupaya menciptakan strategi agar tercapai karakter siswa peduli terhadap lingkungan dan menghasilkan produk SMK yang ramah lingkungan. Sejalan dengan hal itu maka Tim Adiwiyata SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA menyusun kajian lingkungan guna membuat program Adiwiyata.

Kajian Lingkungan ini disusun dan dilakukan secara berkesinambungan, baik dalam penyusunan anggaran sekolah atau RAKS, tertuang dalam ketuntasan belajar dalam KTSP , pengintegrasian ke dalam kegiatan belajar mengajar yakni melalui tema-tema di dalam setiap mapel serta kegiatan-kegiatan partisipatif dan kegiatan kemitraan dengan pihak-pihak terkait.

Adapun kegiatan yang hendak dicapai adalah :

  1. Kegiatan Pengelolaan Kehati ( Keanekaragaman Hayati ) dimasukkan dalam pembelajaran yang terintegratif diantaranya pembuatan media tanaman, pembibitan tanaman perindang yang memiliki unsur pengobatan, penanaman, perawatan, pemanenan, pengolahan pasca panen yang disesuaikan dengan bidang studi keahlian SMK Muh 4 Surakarta.
  2. Kegiatan pembelajaran tidak lepas dari kegiatan kebersihan maka dari itu sampah menjadi hal yang perlu perhatian dalam penanganan, mulai dari pemilahan hingga proses daur ulang sampah, seperti komposting untuk sampah organic dan bank sampah ( kerajinan daur ulang), untuk sampah anorganik.
  3. Hasil kegiatan praktek ( produksi siswa ) macam-macam sabun cair, ekstrak jahe dan lainnya akan menimbulkan limbah yang berdampak pada lingkungan. Penanganan limbah menjadi bagian penting Tim Adiwiyata SMK Muhmmadiyah 4 Surakarta lewat pemasangan IPAL untuk menjadi air baku yang dapat dimanfaatkan.
  4. Sebagai sekolah kejuruan di bidang farmasi dan kecantikan kami berupaya menggerakan peserta didik untuk dapat menemukan inovasi produk produk yang ramah linngkungan serta aman bagi kesehatan dari alam.
  5. Guna menggerakan peran serta dan partisipasi warga sekolah khususnya peserta didik maka perlu dibentuk kader-kader lingkungan di SMK Muh 4 Surakarta.
  6. Kegiatan yang memasukkan unsur pembangunan karakter siswa, penguatan kapasitas guru, mengangkat peran serta orang tua dan komite serta membangun kegiatan partisipatif terhadap masyarakat di sekitar SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA diusahakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.
  7. Selanjutnya untuk mendukung, mensosialisasi dan mengkampanyekan kegiatan Adiwiyata di SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA melalui beberapa media seperti Spanduk di Sekolah, Majalah Dinding, Mural, Website Sekolah, Poster. Sekolah juga mepublikasi dengan pihak luar seperti : Mitra sekolah, Media Massa ( Radio Ria FM, Koran Solo Pos dan Dinas terkait ).

Pokja Kader Adiwiyata di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta    

1. Pokja Toga ( Tanaman Obat Keluarga )

2. Pokja Taman dan Kolam

3. Pokja Kantin sehat aman ramah lingkungan

4. Pokja composting

5. Pokja Bank Sampah

6. Pokja Air dan Sanitasi

7. Pokja Energi